Halaman

Rabu, 16 Mei 2012

Macam-macam Hardware

Posting kali ini, bayu akan membagikan tugas TIK yang pernah bayu kerjakan. Yaitu membahas tentang hardware. Sebelum itu ada baiknya jika kita tahu apa itu hardware? Hardware adalah suatu perangkat yang merupakan bagian dari komputer yang bersifat nyata. Hardware bisa diandaikan seperti tubuh manusia, dan software (perangkat lunak ), dapat diandaikan seperti energi yang membuat kita hidup.  jika manusia tanpa roh maka ia tak kan bisa melakukan apa-apa, sama halnya dengan komputer tanpa software.
berikut merupakan hardware  :

 
  A.   PROCESSOR
Nama lain processor yaitu CPU (Central Processing Unit), merupakan bagian fungsional yang utama dari sebuah sistem komputer. Hal yang perlu dilakukan CPU adalah sebagai berikut :
·         Membaca, mengodekan dan mengeksekusi instruksi program
·         Mengirim data dari dan ke memori, serta dari dan ke bagian input/output
·         Merespons interupsi dari luar, serta menyediakan clock dan sinyal kontrol kepada sistem
Beberapa merk processor antara lain yaitu Athlon II X3 455Phenom II X4 955 black editionPentium Dual-Core E6800, dan Core i7-950.


  B.   Random Access Memory ( DDR SDRAM)
RAM merupakan tempat penyimpanan sementara pada komputer. Isi dari RAM adalah berupa informasi selama komputer diaktifkan. RAM bersifat volatile, ( apabila listrik mati maka informasi yang tersimpan didalamnya akan hilang). Isi data / informasi pada RAM berubah-ubah tergantung dengan pemakaian.
Beberapa merk RAM antara lain yaitu Synchronous Dynamic Random Access Memory (disingkat menjadi SDRAM) merupakan sebuah jenis memori komputer dinamis yang digunakan dalam PC dari tahun 1996 hingga 2003. SDRAM juga merupakan salah satu jenis dari memori komputer kategori solid-state.
SDRAM, pada awalnya berjalan pada kecepatan 66 MHz untuk dipasangkan dengan prosesor Intel Pentium Pro/Intel Pentium MMX/Intel Pentium II, dan terus ditingkatkan menjadi kecepatan 100 MHz (dipasangkan dengan Intel Pentium III/AMD Athlon), hingga mentok pada kecepatan 133 MHz (dipasangkan dengan Intel Pentium 4dan AMD Athlon/Duron). Popularitasnya menurun saat DDR-SDRAM yang mampu mentransfer data dua kali lipat SDRAM muncul di pasaran dengan chipset yang stabil. Setelah itu, akibat produksinya yang semakin dikurangi, harganya pun melonjak tinggi, dengan permintaan pasar yang masih banyak; dengan kapasitas yang sama dengan DDR-SDRAM, harganya berbeda kira-kira Rp. 150000 hingga 250000.

  C.   VGA
VGA card merupakan perangkat yang digunakan untuk mengatur tampilan grafis pada monitor. VGA memiliki kapasitas memori tersendiri yang akan berpengaruh pada tampilan. Semakin besar kapasitas memori maka tampilan gambar akan semakin bagus, begitu juga sebalaiknya.
            Beberapa merk VGA yaitu SAPPHIRE RADEON HD 6970NVIDIA GEFORCE 9500 GTLEADTEK GEFORCE GT 430, dan AMD RADEON HD 6850

  D.   FLASH DISK
Flashdisk merupakan media penyimpanan yang memiliki kapasitas tertentu dari 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8 GB sampai 16 GB. Flash disk bekerja pada sistem oprasi Windows ME, Windows 2000, Windows XP, Mac OS, Linux, dll.
Beberapa merk Flashdiks antara lain yaitu KingstoneAdataHP,dan MiVo.



  E.   CD-ROM
CD-ROM merupakan media penyimpanan yang dapat menangani lebih banyak data daripada disket. CD memiliki kapasitas penyimpanan sampai 700 MB, beberapa merk CD-ROM yang saya ketahui yaitu, SamsungIndexPhilips, dan L-G.



 

  F.    PLOTTER
Plotter merupakan perangkat keluaran yang dapat menghasilkan grafik atau gambar dengan kualitas tinggi dan berwarna. Plotter sering digunakan untuk membuata peta, ilustrasi tga dimensi, dan gambar-gambar arsitektur. Beberapa merk plotter yang saya ketahui yaitu, CanonHPEpson, dan Compaq.

  G.  PRINTER LASER JET
Laserjet merupakan perangkat keluaran yang dapat menghasilkan gambar,dan doc yang akan dicetak. Kecepatan laserjet saat printing sangat cepat, namun sayang sekali laserjet tidak bisa menghasilkan warna selain hitam. Beberapa merk laserjet yang saya ketahui yaitu, HPCanonEpson, dan Axio.




  H.  POWER SUPPLY
Power supply berfungsi sebagai pemberi sumber daya listrik kesegala komponen yang terdapat dalam motherboard, hardisk, CD-ROM, dan floppy disk. Power supply akan mengatur arus listrik dan membagi sumber daya ke setiap komponen. Beberapa merk power supply yang saya ketahui yaitu TecgoSagaAftersales, dan Enermax.





  I.     SOUND CARD
Soun card berfungsi untuk memproses suara masuk maupun keluar dari komputer. Soun card biasanya langsung terpasang pada mainboard. Namun, apabila mainboard belum terdapat fasilitas ini maka kita perlu menambahkan souncard pada slot eksternal yang terdapat pada mainboard. Beberapa merk Soun Card yang saya ketahui yaitu, LasiaCreativeAudigy, dan Blaster Titanium

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi yang mengunjungi blog ini komentarnya ditunggu yaww !!!